Meksiko ke Belize | Perahu bergelombang & masalah imigrasi

Saat kami memakan quesadillas terakhir kami dan menyesap coronas terakhir kami di sebuah restoran Meksiko yang ramai, perasaan melankolis merayap di atas kami. Dua bulan kami di Meksiko santai, meremajakan dan persis apa yang kami cari, tetapi kami tidak berharap sangat sedih meninggalkan negara yang penuh warna ini. Kami merenungkan waktu kami di sini dan senang dengan makanan Meksiko terakhir kami yang lezat. Ketika kami berjalan ke dermaga chetumal, kesedihan kami segera melebur di bawah terik matahari dan kami berdua menjadi senang untuk surga kami berikutnya, Belize.

Cheers untuk dua bulan yang luar biasa di Meksiko!
Kami disambut oleh biaya dan biaya yang tidak terduga ketika kami tiba di dermaga yang berangin. Rupanya ada “biaya pelabuhan” USD $ 5 serta biaya $ 25 USD (306 peso) untuk keluar dari negara itu. Petugas imigrasi yang agak ramah memberi tahu kami “jika Anda terbang ke Meksiko, biaya ini sudah termasuk dalam harga tiket Anda”. Berita baiknya adalah bahwa kami memang terbang ke Meksiko, kabar buruknya adalah bahwa kami tidak memiliki surat -surat untuk menunjukkan bahwa kami sudah membayar biaya “wisata” ini. Secara resmi, tidak ada biaya untuk keluar dari Meksiko dan fakta bahwa kami terbang ke negara itu seharusnya cukup bukti bahwa biaya ini sudah dibayarkan.

Ini adalah penipuan perbatasan yang harus Anda berikan, atau bersiaplah untuk, dengan memiliki rincian biaya penerbangan yang tepat dikirimkan kepada Anda oleh maskapai Anda. Anda membayar biaya, menyajikan kertas yang tepat, atau Anda akan dibiarkan duduk di dermaga melihat cuti perahu tanpa Anda.

Ketika kami mencari melalui dokumen kami, kami menyadari bahwa kami masih memiliki boarding pass dan jadwal cetak kami. Kami menyilangkan jari kami dan berharap ini akan cukup. Ketika giliran kami datang, kami mempresentasikan Patroli Perbatasan dengan surat -surat ini, yang menurut mereka adalah dokumen yang salah. Setelah sekitar 30 menit berbicara, tersenyum, memohon, dan bersikap terlalu sopan, kami akhirnya berhasil dan mereka melepaskan biaya!

Saatnya naik perahu ke Belize
Karena masalah perbatasan ini, kami adalah yang terakhir untuk naik kapal San Pedro Belize Express yang akan membawa kami dari Chetumal di Meksiko ke Caye Caulker di Belize. Kami melihat sekeliling, ingin menemukan dua ruang untuk mengakomodasi kami. Perahu kecil itu penuh, tanpa kursi yang tepat, hanya bangku yang keras untuk duduk. Mengetahui sedikit tentang perahu (dan mengetahui bahwa saya cenderung menjadi mual ketika pada mereka), kami berdua berdoa agar kami tidak duduk di depan perjalanan ini. Untungnya, kami dapat menemukan dua tempat di bangku tengah dan menetap untuk perjalanan bergelombang di depan.

Airnya tidak normal berombak dan berbahaya pada hari perjalanan ini. Meskipun matahari berseri -seri dan langit berwarna biru cerah, lautnya marah. Selama 10 menit pertama atau lebih, orang -orang di depan kapal tertawa dan menikmati nyaring intens ke atas dengan setiap gelombang, dan yang tak terhindarkan membanting keras di sisi lain. Tidak ada bantal di bangku -bangku ini dan seperti yang kami prediksi, senyum itu segera terlihat mengerutkan kening dan wajah -wajah putih yang senang itu segera berubah menjadi hijau.

Jolting itu tidak seburuk kami yang duduk di tengah kapal
Nick dan saya mencoba memaksimalkan perjalanan 2 jam ini ke surga pulau kami. Kami mendengarkan iPod kami, mencoba berbicara (yang pada dasarnya tidak mungkin karena mesin yang keras) dan meletakkan jaket pelampung di bawah pantat kami untuk mengurangi mati rasa dan rasa sakit berikutnya. Berdiri untuk meregangkan kaki kami bukanlah pilihan, kecuali kami ingin dilemparkan ke sisi lain perahu. Kami berkurang menjadi bergoyang -goyang dan mencoba meregangkan kaki panjang kami di bawah kursi di seberang kami.

Setelah sedikit lebih dari dua jam, kami melihat mendarat di depan dan mulai menjadi sangat bersemangat. Perahu kami melewati terumbu lepas pantai dan kami dengan cepat merasa lega. Airnya adalah kalm besar dan kami semua bersorak untuk akhirnya bisa berdiri! Kami telah tiba di Ambergris Caye, di mana imigrasi untuk Cayes utara berada.

Perhatikan bagaimana perahu dimiringkan ke samping dan foto ini buram? Ya, lautnya kasar!
Kami dengan bersemangat turun ke dermaga kayu yang menjorok ke perairan pirus. Pada titik ini, matahari terbenam dan kami tahu kami akan mencapai tujuan akhir kami Caye Caulker dalam kegelapan. Ketika kami sedang menunggu dalam antrean, Nick dan saya memilih untuk melihat perangko keluar kami dari Meksiko. Kami membeli paspor baru ketika kami berada di rumah di Kanada dan karena kami hanya memiliki total dua perangko di paspor kami, seharusnya tidak sulit untuk menemukan stempel keluar ini, Nick menemukan miliknya, sementara saya masih dengan cemas mencari milik saya. Akhirnya aku menyerah, menatap Nick dan menggelengkan kepalaku.

Imigrasi Meksiko lupa mencap saya ke luar negeri!

Selama empat tahun perjalanan kami, ini tidak pernah terjadi. Jadi, kami berdiri dengan gugup dalam antrean di atas kayu reyotDock menunggu untuk melihat apakah wanita imigrasi yang pemarah itu akan mengirim saya kembali ke perairan berombak ke Meksiko. Untungnya, dia terlalu sibuk berteriak kepada seorang pelancong karena mengambil foto yang bahkan tidak terlihat di paspor saya, dia hanya mencapnya dan mendorongnya kembali ke wajah saya.

Fiuh! Catatan untuk diri sendiri: Selalu periksa perangko masuk dan keluar.

Tiba terlambat ke imigrasi di Ambergris Caye, Belize

Pada saat semua orang selesai check -in ke negara Belize, jam 7:00 malam dan gelap. Kami melompat kembali ke feri dan senang dengan perjalanan yang tenang, moonlit, 30 menit ke Caye Caulker. Kami disambut dengan musik reggae bergema dari bar pantai yang funky dan begitu kaki kami menyentuh pasir lembut, kami tahu ini adalah tempat yang ingin kami kunjungi sebentar.

*** Catatan Kambing

Hanya ada satu perahu per hari dari Chetumal ke Ambergris Caye & Caye Caulker. Itu berangkat pada pukul 3:00 sore. Dari Cayes kembali ke Chetumal, hanya ada satu perahu. Berangkat jam 7:00 pagi dari Caye Caulker dan 8:00 pagi dari Ambergris Caye.

Biaya tiket satu arah dari Chetumal ke Caye Caulker adalah $ 49,50. Pesan di depan karena perahu ini dapat terisi dengan cepat. Anda dapat memesan tiket secara online jika di Meksiko, atau membeli dari terminal jika ada di Cayes.

Pastikan untuk mendapatkan tempat duduk di tengah atau dekat ke belakang kapal. Kalau tidak, itu akan menjadi perjalanan yang bergelombang. Perhatikan juga, tidak ada toilet di atas kapal dan Anda hanya diberi satu botol kecil air untuk diminum.

Karena ada beberapa formalitas panjang yang perlu ditangani saat meninggalkan Meksiko, pastikan untuk tiba di dermaga chetumal setidaknya satu jam sebelum keberangkatan.

Jika Anda tiba di Meksiko melalui udara, pastikan untuk meminta maskapai penerbangan Anda mengirimkan semua pajak & biaya yang termasuk dalam harga tiket Anda. Anda perlu menunjukkan bukti imigrasi pembayaran “biaya wisata”. Jika Anda tidak dapat menunjukkannya, Anda harus membayar 306 peso (atau memohon dan memohon seperti yang kami lakukan!)

Pernahkah Anda memiliki petugas imigrasi yang lupa untuk membuat Anda keluar dari suatu negara?! Apa yang terjadi? Bagikan dengan kami di bawah ini.

Suka itu? Tepi! ?

Penafian: Kambing di jalan adalah rekanan Amazon dan juga afiliasi untuk beberapa pengecer lain. Ini menyiratkan kami mendapatkan komisi jika Anda mengklik tautan di blog kami dan membeli dari pengecer tersebut.